Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video

Guru Elektronika – Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2  Tanjungbalai berlangsung mulai tanggal 12 Februari 2018. Dengan memilih paket 3 Amplifier dengan Menggunakan IC TDA 2003.

Ujian Kompetensi Kejuruan 2018

UKK adalah Ujian Nasionalnya untuk sekolah kejuruan berbeda dengan SMA ataupun Aliyah. Ujian praktik sesuai dengan kejuruan yang dipilih saat masuk ke SMK. SMK Negeri 2 yang saya mengajar di sekolah ini dengan mata diklat kejuruan teknik audio video melaksanakan ujian praktik langsung di bulan februari ini.

5 Aspek Penilaian Ujian Praktik Kejuruan Audio Video

Penilaian tersebut meliputi :

  1. Persiapan Kerja diantaranya : menggunakan pakaian praktik, mempersiapkan alat dan bahan
  2. Sistematika dan cara kerja, penilaian ini meliputi proses membuat layout dari rangkaian yang di ujikan, melarutkan tembaga (Etching) pada PCB yang telah dicetak, melakukan pengeboran, pemasangan komponen, penyolderan, kerapihan pemasangan, kemampuan mengukur tegangan kerja rangkaian penguat audio, kemampuan mengukur gelombang/ sinyal audio dan kemampuan menginstalasi sound sistem.
  3. Hasil kerja, berdasarkan work atau tidak benda kerja dan ketelitian hasil pengukuran.
  4. Sikap kerja, Penilaian ini merupakan aspek pengamatan selama melakukan praktik perakitan benda kerja penguat audio.
  5. Waktu, penilaian waktu adalah ketepatan siswa dalam menyelesaikan benda kerja sesuai dengan alokasi yang diberikan yaitu 18 jam.

Dalam pelaksanaannya siswa harus mampu mengukur frekuensi amplifier menggunakan afg dan osiloskop baca artikel penguatan pembahasan rumus osiloskop dan rumus desibel suara. Selain itu juga penguat audio harus dihitung tegangan efektif pada osiloskop atau menghitung vpp pada tampilan osiloskop cara menghitung amplitudo pada osiloskop

Pengukuran bukan hanya menggunakan multitester tetapi juga menggunakan osiloskop sehingga pemahaman cara membaca grafik osiloskop, mengukur tegangan dc dengan osiloskop, cara menghitung frekuensi pada osiloskop dan cara menghitung tegangan maksimum osiloskop harus dikuasai siswa.

Pengukuran dengan MultitesterPengukuran dengan Osiloskop

Pengujian dilakukan setelah menggunakan alat ukur kemudian dihubungkan ke speaker untuk mendengarkan langsung hasil penguat audio yang dirakit. Dengan memasukkan input berupa sinyal suara dari CD Player.

Proses ujian ini berlangsung selama 3 hari untuk 10 orang pergelombang. Sehingga setelah mengikuti UKK Nasional khusus kejuruan ini siswa tinggal menunggu ujian nasional yang akan diselenggarakan pada bulan April Awal.

Berikut ini video dokumentasi UKK teknik audio video 2018

soal ukk smk 2018
kisi-kisi ujian praktik kejuruan smk 2018

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme