Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Bimtek Penyegaran, K-13 jenjang SMA/SMK 2018

Bimtek kurikulum 2013 tahun 2018 SMA/SMK – Instruktur Kabupaten (IK) mengikuti bimbingan teknis penyegaran kurikulum 2013 Jenjang SMA dan SMK yang dimulai tanggal 12 s.d 14 Maret 2018 yang diselenggarakan oleh LPMP Sumatera Utara sebagai penanggungjawab Instruktur Propinsi.

bimtek penyegaran k2013 SMK 2018

kurnas bimtek 2013

Peserta Bimtek Penyegaran K-2013 dari SMK Negri 1 Berastagi

IK yang mengikuti penyegaran ini sebelumya sudah menyatakan bersedia saat pelaksaan bimtek 2013 tahun 2017 kemarin untuk memfasilitasi kegiatan penyegaran Instruktur ditingkat Kabupaten/Kota (IK) nantinya yang akan memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis Guru Sasaran (GS) serta bersama-sama IP melakukan kegiatan pendampingan di SMA/SMK sasaran K13 Tahun 2018 .

Materi penyegaran Bimtek K13 ini ditekankan pada pengimplementasian dalam hal Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai bagian dari Nawa Cita Pemerintah, Penyusunan Soal UAS-BN, literasi, substansi K13 lainnya. Tidak ada perbedaan antara materi bimtek kurikulum 2013 smk tahun 2017 yang lalu dengan 2018 ini kecuali pada pengintegrasian penguatan pendidikan karakter dan literasi.

Dalam paktiknya sebenarnya tidak ada yang namanya kurikulum 2013 berkarakter tetapi tetap disebut sebagai kurikulum 2013 tetapi didalam penyusunannya di include kan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut seperti nilai reigius, gotong royong, nasionalis, toleransi,

Definisi PPK (Perpres 87/2017)

“Gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)” (Pasal 1, ayat 1)

Maksud dan Tujuan PPK

  • Membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila.
  • Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.

Kecakapan Abad 21 yang dibutuhkan setiap siswa

Kualitas Karakter

Bagaimana siswa beradaptasi pada lingkungan yang dinamis meliputi aspek seperti : Religius, kejujuran, toleransi, Nasionalis berupa semangat kebangsaan, Mandiri, Integritas, Gotong-royong, Tanggungjawab, Kreatif dengan rasa ingin tahu dan Peduli lingkungan maupun peduli sosial.

Literasi Dasar

Bagaimana siswa menerapkan keterampilan dasar sehari-hari seperti menerapkan literasi bahasa, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan
Kompetensi

Bagaimana siswa memecahkan masalah kompleks setidaknya ada 3 point penting dalah hal ini yaitu :

  1. Berpikir kritis
  2. Kreativitas
  3. Komunikasi
  4. Kolaborasi

Materi Bimtek Kurikulum 2013 tahun 2018 pdf

Bagi yang ingin mengetahui materi dalam penyegaran kurnas 2013 ini bisa mengunduh di link berikut ini :

materi bimtek kurikulum 2013 tahun 2018 smk

bimtek k 2013

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme