Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Membuat Lampu Blitz yang Paling Sederhana

Kriya elektronika sederhana – Lampu blitz atau lampu flash sering dikatakan dengan lampu petir atau lampu kilat bahkan ada juga menyebut lampu pesawat karena memang lampu ini bekerja seperti kilatan lampu dipesawat saat kita melihat dari bumi.

Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat lampu blitz ini, ketika saya upload videonya di facebook melalui chat mesenger. Bahkan ada yang tanya berapa¬†harga lampu blitz. Hahahah… Lampu blitz murah ini kreatifitas dari toolmen di bengkel saya yang merupakan alumni siswa smk negeri 2 tanjungbalai.

Sebagai guru elektronik saya mencoba tutorial Cara membuatnya cukup mudah hanya menggunakan beberapa komponen saja. Untuk lebih jelas bisa dilihat dari gambar penampang Relay 5 kaki dibawah ini.

buat lampu blitz

Komponen seperti elco sebesar 400 uF / 25 volt dan dioda 1 ampere sudah bisa membuat sebuah Lampu blitz dengan cukup sederhana. Cara menghubungkannya langsung seperti gambar diatas tanpa menggunakan PCB karena komponennya pun tidak banyak. Lampu led dihubungkan sesuai dengan kutub anoda dan katoda dari led. Sedangkan tegangan sumber sebesar 12 volt. Sehingga lampu blitz ini bisa di rangkai langsung dengan sebah baterai sepeda motor.

Hubungan lampu led dilakukan dengan hubungan seri-paralel. Percobaan yang pernah dilakukan led diseri 4 buah dan diparalel menjadi 5 buah. Jadi total lampu led yang digunakan 20 buah.

baca juga :

Cara Membuat Rangkaian Flip-Flop dengan beban Lampu 5 Watt

Kekurangan rangkaian lampu flash ini karena menggunakan relay maka akan terdengar ketukan-ketukan saklar otomatis di dalam relay. Tapi kalau di gunakan di sebuah panggung pesta pasti tidak akan kedengaran klik-klik karena hingar bingar sound system sebuah pesat keyboard. heheh..

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari video dibawah ini, tutorial cara membuat lampu flas mudah hanya dengan 10 ribu rupiah. Selamat mencoba.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme