Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Jembatan Pensil, Semangat Perjuangan Anak yang Ingin Tetap Sekolah!

Sinopsis film Indonesia Jembatan Pensil 2017 ini mengisahkan perjuangan anak sekolah dasar yang ingin tetap belajar disekolah walaupun harus melewati jalan yang berbahaya seperti jembatan yang lapuk. Mungkin film ini memberikan nilai tersendiri untuk para pelajar yang hari ini telah kehilangan jiwa religius, kerja keras, mandiri, peduli sosial, cinta damai dan semangat kebangsaan yang kuat.

Sehingga masih banyak kids  zaman now menikmati hari belajar dengan berhura-hura tanpa memikirkan sedikitpun perjuangan orang tua dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. Seolah tidak ada rasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga selalu saja mengeluh dengan fasilitas sekolah yang ada.

sinopsis film jembatan pensil 2017

Ulasan film jembatan pensil, Kisah film ini bersettingkan salah satu daerah di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara tentang 5 orang anak SD TOWEA yang memiliki semangat yang kuat dalam menuntut ilmu. Sekolah yang berdiri di pinggir pantai ini gratis diberikan oleh seorang guru yang mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan.

Kisah persahabatan Inal, Nia, Aska, Yanti, dan La Ondeng ini diharapkan bisa menginspirasi bagi siswa zaman now. Prihatin saat mereka berjalan dengan kaki telanjang dan sepatu yang digantung dileher hanya agar sepatu tersebut tahan lama karena perjalanan ke sekolah cukup jauh. Belum lagi jembatan yang sudah rapuh menjadi inti dari judul film jembatan pensil ini.

Siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata seperti Inal yang tuna netra dan la Ondeng yang memiliki ‘keterbelakangan’, ingin memberikan semangat pada siswa yang akan menonton film Indonesia terbaru ini agar tetap semangat dalam belajar. Seolah memberikan pesan moral bahwa nun di pelosok negeri masih ada sekolah yang terbelakang tetapi masih memiliki semangat yang kuat untuk belajar.

Baca juga :

Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spritual Siswa melalui Pembelajaran Teknik Audio

Walaupun memiliki kemampuan dibawah rata-rata anak normal tetapi la Ondeng memiliki kemampuan untuk menggambar sketsa menjadi kesibukan hari-harinya di dalam maupun di luar sekolah. Sketsa gambarnya merupakan ‘rekam memori’ setiap ketertarikannya pada sesuatu dalam kehidupannya sehari-hari. Seperti saat memberikan gambar sebuah kapal kepada bapak guru yang merupakan kehidupan ayahnya yang seorang nelayan. Dan sketsa sebuah jembatan dari pensil yang merupakan keinginannya agar sahabat-sahabatnya tidak lagi melalui jembatan rapuh yang bisa membahayakan.

film jembatan pensil roboh

Film jembatan pensil, adegan saat jembatan rapuh roboh

Semangat mereka dalam belajar tidak pupus walaupun saat perjalanan ke sekolah jembatan rapuh itu roboh. Walaupun sudah basah kuyup akibat terjebur di danau tetapi tidak membuat semangat anak-anak itu pupus. Bagian ini yang memberikan rasa haru tersendiri jika kita menikmati film bergenre drama anak Indonesia ini.

Kelebihan film Jembatan Pensil

Banyak nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Setidaknya analisis film jembatan pensil ini memberikan gambaran nilai karakter yang harus ditanamkan oleh seorang guru di Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas juga dengan kontrol lingkungan di sekitar rumah. Seperti saat sang ayah La Ondeng memberi semangat kepada Ondeng ketika peralatan sekolahnya hanyut saat mengantarkan sahabat-sahabatnya di jembatan rapuh. Ini merupakan contoh penanaman nilai karakter yang di ujudkan dari orang tua atau rumah.

Walaupun kisah tragis terjadi, sang Ondeng pemeran penting dalam film ini harus meninggal saat histeris mengayuh sampan sampai ketengah danau dan kejebur kedalam danau dan tidak sempat tertolong.

Bagi saya sebagai tenaga pendidik khusus guru elektro yang telah menonton film ini cukup bagus dan bisa memberi inspirasi bagi guru untuk dijadikan tontonan bagi anak didik saat pembelajaran sinematografi dan memberikan pemahaman dan menanamkan banyak nilai-nilai karakter didalamnya. Setidaknya nilai karakter yang diinginkan dalam bimtek kurikulum 2013 sudah termuat dalam film ini seperti : sikap sportif dalam  religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, bertanggungiawab dan percaya diri.

Jembatan Pensil Trailer

Selain memberikan pesan moral berbagai karakter film ini juga ingin mengeksplorasi keindahan destinasi wisata Kabupaten Muna. Potensi wisata yang terpendam yang sangat indah. Banyak pengambilan gambar melalui drone agar kelihatan berbagai destinasi wisata alam, seperti pantai, danau, hingga pada destinasi wisata budaya, religi dan sejarah.

Sebuah gua yang memiliki nilai estetik dengan coretan gambar purbakala memiliki ciri khas tersendiri saat adegan ini berlangsung. Pokoknya Muna adalah daerah yang memiliki banyak destinasi wisata yang cukup menarik. Sehingga dalam film ini destinasi tersebut tereksplor keluar.

Film ini juga dibumbui dengan kisah cinta antara Aida sang anak guru dengan anak nelayan dan anak seorang juragan sapi. Walaupun tidak fokus sampai kesana karena seolah kisah cinta sejoli ini bukan merupakan inti dari film jembatan pensil.

Sekilas Tokoh Film Jembatan Pensil 2017

Meriam Bellina sebagai Istri pak guru, Kevin Julio, Alisia Rininta, Andi Bersama, Agung Saga, Deden Bagaskara, Roy Turaekhan, Didi Mulya, Azka Marzuqi, Angger Bayu, Nayla D. Purnama, Permata Jingga, Vickram Priyono. Bahkan diperankan oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba serta masyarakat lokal di Kabupaten Muna.

Sutradara Hasto Broto
Produser Tyas Abiyoga
Rahmat Suardi (produser pelaksana)
La Ode Haerun Gowe (produser eksekutif)
Penulis Exan Zen

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme