Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Kopdar Youtuber Tanjungbalai

Guru ngeblog –  Kali ini kita akan menulis sedikit aktifitas sebagai guru online berbagi kemaren yang kita laksanakan sebagai salah satu literasi di media sosial ataupun online melalui pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran video online. Sebagai guru yang ingin membumikan nilai-nilai literasi di setiap anak didik setelah beberapa kali melaksanakan pelatihan ngeblog kali ini kita merambah ke dunia youtuber.

youtube for you hobby

Perbedaan antara blogger dengan youtuber mungkin kita semua sama-sama tahu bahwa jika kita menggunakan blogger sebagai sarana tempat diary informasi kita biasanya hanya dengan tulisan dan gambar – gambar. Walaupun blogger juga bisa menyimpan video berbasis gambar tetapi kurang populer dibanding youtube.

baca juga :

Buku Mengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online

Dunia youtube lebih bersifat memanfaatkan video untuk berbagi informasi. Literasi berbasis video bisa dilakukan dengan menggunakan layanan yang disediakan google ini secara gratis. Syaratnya mudah, sama halnya seperti membuat blogger yaitu kita harus memiliki akun GMAIL yang sudah virifikasi.

Terlepas dari pengembangan kurikulum 2013 revisi sudah menekankan akan penguatan pendidikan karakter yang disingkat PPK dan pengembangan literasi bagi siswa untuk mencapai target Kecakapan Abad 21 yang kemaren saya ikuti pada diklat penyegaran kurikulum 2013 bulan Maret lalu.

Kopdar Youtube Tanjung balai ini dilaksanakan pada awal tahun 2018 kemaren dengan berlokasi di WIFI Corner Area Tanjungbalai. Pelaksanaan ini di targetkan agar pelajar yang menjalani prakerin atau praktek kerja Industri bukan hanya membuat laporan tertulis juga dapat memanfaatkan momen dilapangan ini dengan membuat video pembelajaran sesuai dengan keahliannya masing-masing. Seperti video tutorial elektronika yang pernah dibuat kelas XII teknik audio video.

Sehingga dengan dilaksanakannya pelatihan pembuatan chanel youtube ini setidaknya siswa  memiliki dokumentasi video yang tersimpan secara online dengan adanya chanel youtube tersebut. Untuk rencana selanjutnya sebenarnya merupakan target jangka panjang bagaimana siswa dapat menghasilkan pundi-pundi dollar dari mengupload video ke youtube tersebut.

Contoh chanel saya bisa dilihat disini : Guru NgeVlog

Jadi kopdar youtuber memberikan tips singkat agar video populer di penjelajah video google. Sehingga siswa bukan hanya asal upload video tetapi tidak dilengkapi dengan teknik dasar yang mesti diketahui. Sehingga video nantinya akan populer dan pastinya akan memiliki view yang melimpah ruah. Itu sebenarnya target jangka panjang apalagi saat ini youtube mengeluarkan aturan baru untuk bisa memonitize video dengan syarat yang semakin ketat yaitu harus memiliki 1000 subcriber dan sudah memiliki jam tayang 4000 jam.

Pelatihan ini jika targetnya adalah menghasilkan uang maka sungguh berat dan sepertinya mustahil akan tetapi sebagai pendidik pelatihan youtube tanjung balai adalah agar siswa memiliki data online dengan berbagai kreasi dan ide kreatif mereka. Jika suatu saat ternyata chanel mereka populer itu adalah sebagai bonus terhadap apa yang mereka lakukan.

Memanfaatkan dunia online sebagai media pembelajaran bukan hanya sebagai pengkonsumsi tetapi sebagai pembagi informasi merupakan literasi tindak lanjut. Literasi bukan hanya membaca informasi tetapi literasi juga bisa memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang apa yang ia ketahui.

So, yuk guru ngeblog, guru ngevlog… hehehe… seperti program pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) SAGUSABLOG, satu guru satu blog, program saya sebagai admin bjgp-rizal.com SAGUSACHAN, satu guru satu chanel video… hehehe… Salam guru elektronik Indonesia from Tanjungbalai City..

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme