Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Kupas Tuntas Kode Warna Resistor

Guru elektronika – Nilai-nilai resistor sering ditunjukkan dengan kode warna baik 4 gelang, 5 gelang ataupun 6 gelang. Secara praktis semua resistor berhubungan dengan rating daya hingga daya watt sebuah resistor ditandai dengan pita gelang berupa warna-warna. Pengkodean didefinisikan dalam standar internasional IEC 60062 . Standar ini menjelaskan kode penandaan untuk resistor dan kapasitor. Ini termasuk juga kode numerik, seperti misalnya sering digunakan untuk resistor SMD.

Kode warna diberikan oleh beberapa gelang pita. Dari warna tersebut reisitor bisa ditentukan nilai resistansi, toleransi dan kadang-kadang tingkat keandalan atau kegagalan. Jumlah gelang pita bervariasi mulai dari tiga hingga enam gelang. Minimal, dua gelang menunjukkan nilai resistansi dan satu gelang berfungsi sebagai pengkali.

Lakukan perhitungan kode warna dengan kode warna resistor online di link bawah ini:

Kalkulator Kode warna Resistor Otomatis

Grafik di bawah ini menunjukkan cara menentukan resistensi dan toleransi untuk resistor. Tabel ini juga dapat digunakan untuk menentukan warna pita ketika nilai-nilai diketahui. Sebuah resistor kalkulator otomatis dapat digunakan untuk cepat menemukan nilai-nilai resistor. Nilai resistansi yang sudah seusai dengan SOP standarisasi, dapat dilihat dari tabel berikut :

tabel resistor_color_codes

Kiat untuk membaca kode resistor

Pada bagian di bawah ini diberikan contoh untuk jumlah elan yang berbeda, tetapi pertama-tama beberapa tips diberikan untuk membaca kode warna resistor:

  • Arah membaca mungkin tidak selalu jelas. Terkadang peningkatan ruang antara gelang 3 dan 4 memberikan arah pembacaan. Gelang pertama biasanya yang paling dekat dengan sebuah lead. Gelang emas atau perak (toleransi) selalu merupakan gelang terakhir.
  • Ini adalah praktik yang baik untuk memeriksa kode pabrikan untuk memastikan tentang sistem pengkodean yang digunakan. Bahkan yang lebih baik adalah mengukur hambatan dengan multi-meter. Dalam beberapa kasus ini bahkan mungkin satu-satunya cara untuk mengetahui perlawanan; misalnya ketika pita warna terbakar.

4 gelang resistor

empat band kode warna resistor Kode warna empat gelang adalah variasi yang paling umum. Resistor ini memiliki dua gelang untuk nilai resistansi, satu pengganda dan satu gelang toleransi. Dalam contoh di sebelah kiri, pita-pita gelang ini berwarna hijau, biru, merah dan emas. Dengan menggunakan bagan kode warna, seseorang menemukan bahwa hijau berarti 5 dan biru untuk 6. Dengan demikian, nilainya adalah 56 x 100 = 5600 Ω. Pita emas berarti resistor memiliki toleransi 5%. Nilai resistansi terletak antara 5320 dan 5880 Ω.

Jika gelang toleransi akan dibiarkan kosong, hasilnya adalah resistor 3 gelang. Ini berarti bahwa nilai resistansi tetap sama, tetapi toleransi adalah 20%.

5 gelang resistor

lima pita kode warna resistor Resistor dengan presisi tinggi memiliki pita gelang ekstra untuk menunjukkan digit signifikan ketiga. Oleh karena itu, tiga gelang pertama menunjukkan angka signifikan, gelang pita keempat adalah faktor pengkali dan gelang kelima mewakili toleransi. Ada pengecualian untuk ini. Sebagai contoh, kadang-kadang gelang ekstra menunjukkan tingkat kegagalan (spesifikasi militer) atau koefisien suhu (resistor yang lebih tua atau khusus). Silakan baca artikel dibawah tentang “Pengecualian kode warna” untuk informasi lebih lanjut.

Contoh yang diperlihatkan: coklat (1), kuning (4), ungu (7), hitam (x1), hijau (0,5%): 147 Ω 0,5%.

6 band resistor

enam band kode warna resistor Resistor dengan 6 gelang biasanya untuk resistor presisi tinggi yang memiliki gelang tambahan untuk menentukan koefisien suhu (ppm / K). Warna yang paling umum untuk gelang pita keenam adalah coklat (100 ppm / K). Ini berarti bahwa untuk perubahan suhu 10 ˚C, nilai resistansi dapat berubah 0,1%. Untuk aplikasi khusus di mana koefisien suhu sangat penting untuk warna lainnya

Contoh yang diperlihatkan: oranye (3), merah (2), coklat (1), hijau (x10), coklat (1%), merah (50 ppm / K): 3,21 k Ω 1% 50 ppm / K.

Pengecualian kode warna

Gelang kehandalan

Resistor yang diproduksi sesuai dengan spesifikasi militer, kadang-kadang termasuk pita ekstra untuk menunjukkan kehandalan. Ini ditentukan dalam tingkat kegagalan (%) per 1000 jam layanan. Ini jarang digunakan dalam elektronik komersial. Sebagian besar gelang kehandalan dapat ditemukan pada empat resistor gelang. Informasi lebih lanjut tentang kehandalan dapat ditemukan di buku pegangan militer AS MIL-HDBK-199.

Gelang hitam tunggal atau resistor nol-ohm

Sebuah resistor dengan pita hitam tunggal disebut resistor nol-ohm. Pada dasarnya itu adalah hubungan kawat dengan hanya fungsi menghubungkan jejak pada PCB. Menggunakan paket resistor memiliki keuntungan karena dapat menggunakan mesin otomatis yang sama untuk menempatkan komponen pada papan sirkuit.

5 Gelang resistor dengan pita emas atau perak ke-4

Lima gelang resistor dengan pita gelang keempat emas atau perak membentuk pengecualian, dan digunakan pada resistor khusus dan yang lebih tua. Dua gelang pertama mewakili digit signifikan, faktor multiply 3, toleransi ke-4 dan ke-5 koefisien temperatur (ppm / K).

Menyimpang warna

Untuk resistor tegangan tinggi sering warna emas dan perak diganti dengan kuning dan abu-abu. Ini untuk mencegah partikel logam di lapisan.

Updated: July 14, 2018 — 10:08 am
BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Guru Ngeblog Theme