Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Rugi, Touring Aceh tidak go Kilometer Nol Sabang Indonesia

Guru Online Liburan – Indonesia adalah negera yang begitu luas dari sabang sampai ke merauke ini merupakan suatu kebanggan tersendiri sehingga banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk datang melihat langsung berbagai spot wisata yang pastinya sangat menakjubkan.

Setelah catatan perjalanan Menikmati Wisata Sabang?! Jangan Lupa Snorkeling di Pantai Iboih Pulau Rubiah kemarin kali ini kembali saya menuliskan kisah perjalanan di Aceh Sabang di spot lainnya selain pantai iboih itu.

Kota sabang ini memiliki banyak destinasi wisata yang sangat mengagumkan selain bermain wahana di bawah laut kemaren masih ada lagi tempat lain yang mesti dikunjungi seperti Titik Kilometer Nol, Benteng Jepang Anoi Hitam, Sumur tiga beach Pantai Pradiso dengan panganan sate guritanya dan lainnya. Setidaknya spot yang saya sebutkan tadi sudah cukup puas untuk mewakili perjalanan selama di Sabang ini.

tugu kilometer Nol Tugu kilometer 0 sunset aceh sumur tiga beach

Spot Pantai SUmur tiga atau Sumur tiga Beach

pantai paradiso

Spot Panta Paradiso

Sebenarnya kunjungan ke sabang ini pada awalnya tidak menginap, alias kami pergi pagi kemudian sorenya pulang kembali ke banda Aceh karena awalnya kami menginap di salah satu hotel di banda aceh yang sangat dekat dengan Mesjid Baiturrahman. Tetapi setelah sampai disana, ternyata tidak cukup untuk mengelilingi destinasi wisata yang ada di sabang tersebut dengan waktu yang sangat singkat.

Coba saja, kami berangkat pagi sekali menggunakan kapan express di pagi hari pukul 8.00 wib dan sampai 45 menit kemudian. Sedangkan kapal keberangkatan dari sabang kembali ke Banda Aceh pukul 4.00 Wib sore. Berdasarkan kalkulasi waktu tidak cukup untuk melakukan snorkeling di iboih, kilometer nol karena diantara keduanya butuh waktu setidaknya satu jam.

Beruntung karena kami mendapat seorang pemandu yang baik atas rekomendasi teman yang sudah tinggal di banda Aceh. Atas panduan beliau akhirnya kami menginap di hotel di sabang yang letaknya dekat dengan pantai dan kuliner paradiso.

Akhirnya, Supir kami yang ada di banda aceh yang kebetulan tidak ikut melakukan chek out hotel karena kami tidak pulang dan menginap di sabang. Untuk informasi bahwa mana yang lebih irit dan puas dengan kendaraan sendiri atau sewa sudah saya ceritakan di kisah sebelumnya.

Mungkin kalau kamu melakukan touring dengan menggunakan motor ke sabang lain lagi ceritanya karena tidak beramai-ramai seperti dua keluarga yang terdiri dari 6 orang. Rute perjalanan dari medan ke sabang berdasarkan pengalaman yang telah saya lalui berangkat kami dari Kisaran Magrib dan sampai di Banda Aceh Magrib juga.

Pengalaman touring ke ujung sumatera ini sungguh menakjubkan. Karena perjalanan kami singkat maka pertama sekali kami melakukan kunjungan ke sabang karena untuk daerah banda aceh seperti wisata museum tsunami, kapal PLTD Apung dan Mesjid Baiturrahman bisa kami lakukan sepulang dari pulau weh nantinya.

Wisata kilometer 0 tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi tugu nol kilometer yang merupakan 0 kilometer Indonesia bagian barat. Sebenarnya tidak tau sih bagaimana sejarah tugu nol kilometer sabang tetapi memang area ini menjadi salah satu destinasi yang harus di satroni kalau ke aceh.

Selain Tugu nol kilometer indonesia yang berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh ini kami juga singgah di Sumur tiga Beach dengan spot pemadangan laut nan biru dan penuh dengan spot untuk berselfi ria. Selanjutnya tidak jauh dari tempat tersebut kami masuk ke Benteng Jepang Anoi Hitam. Lokasi ini penuh dengan bekas peninggalan lobang jepang yang seperti ada di KotaPadang.

benteg jepang aceh benteng jepang anoi hitam benteng anoi hitam

Spot Bengteng Jepang Anoi Hitam

Tidak jauh dari lokasi tersebut kami singgah di pantai Paradiso dan makan siang disana sebelum melakukan snorkeling di pantai iboih. Hotel pun sudah di booking terlebih dahulu sebelum sore kembali ke kota sabang ini. Lumayan melelahkan sekembalinya dari perjalanan tersebut sore hari disempatkan bersefli di pinggir laut menikmati sunset terbenamnya matahari.

Okey deh, semoga bagi kamu yang melakukan liburan ke kota Aceh dan sekitarnya jangan lupa sewa pemandu sehingga seluruh spot wisata tersebut dapat dilalui dengan waktu yang singkat dan padat pastinya, heheh… Selamat menikmati liburan bersama keluarga. Happy nice day…