Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Yuk Pahami Cara Menghitung Kode Resistor SMD

cara membaca resistor smd

Apa yang dimaksud dengan Resistor SMD?
Jika kamu pernah melihat sebuah papan PCB yang sangat mungil biasanya pada sebuh handphone maka akan terlihat sebuah petak kecil yang diberi kode huruf. Nah Resistor ini yang disebut sebagai resistor smd. Selain itu Resistor SMD juga dapat dilihat pada papan sirkuit dari stik memori USB.

SMD adalah singkatan dari Surface Mounted Device. SMD adalah komponen elektronik apa pun yang dibuat untuk digunakan dengan SMT, atau Teknologi Surface Mount. SMT dikembangkan untuk memenuhi keinginan yang sedang berlangsung untuk pembuatan papan sirkuit cetak untuk menggunakan komponen yang lebih kecil dan menjadi lebih cepat, lebih efisien, dan lebih murah.

SMD ini lebih mungil dari generasi komponel elektronika sebelumnya. Mereka sering berbentuk persegi, oval, dan sangat rendah. jangankan menggunakan kabel yang melalui PCB, SMD memiliki petunjuk kecil atau pin yang disolder ke bantalan di permukaan papan. Sehingga tidak perlu lubang di papan bahkan memungkinkan kedua sisi papan lebih banyak digunakan.

Pembuatan PCB menggunakan SMT mirip dengan yang untuk komponen dengan lead. Bantalan kecil dari plat perak atau emas atau timah timah ditempatkan di papan untuk memasang komponen. Pasta solder, campuran fluks dan bola kecil solder, kemudian diaplikasikan pada bantalan pemasangan oleh mesin yang mirip dengan printer komputer.

Setelah PCB disiapkan, SMD ditempatkan di atasnya menggunakan mesin yang disebut mesin pick-and-place. Untuk teknisnya gak perlu saya jabarkan disini karena pembuatannya bukan manual dengan tangan hehehe..

Sistem Tiga dan Empat Digit

cara membaca resistor smd

Dalam sistem ini dua atau tiga digit pertama menunjukkan nilai resistansi numerik dari resistor dan digit terakhir memberikan pengganda. Angka digit terakhir menunjukkan kekuatan sepuluh yang digunakan untuk mengalikan nilai resistor yang diberikan. Berikut beberapa contoh nilai di bawah sistem ini:

  • 450 = 45Ω x 10 0 adalah 45Ω
  • 273 = 27Ω x 10 3 adalah 27.000Ω (27kΩ)
  • 7992 = 799Ω x 10 2 adalah 79.900Ω (79.9kΩ)
  • 1733 = 173Ω x 10 3 adalah 173.000Ω (173kΩ)

Huruf “R” digunakan untuk menunjukkan posisi titik desimal untuk nilai resistansi lebih rendah dari 10 ohm. Dengan demikian, 0R5 akan menjadi 0,5Ω dan 0R01 akan menjadi 0,01Ω.

Sistem EIA-96

Resistor presisi yang lebih tinggi, dikombinasikan dengan ukuran resistor yang menurun, telah menciptakan kebutuhan untuk memiliki tanda baru yang lebih kompak untuk resistor SMD. Oleh karena itu, sistem penandaan EIA-96 telah dibuat. Hal ini didasarkan pada seri E96 , sehingga ditujukan untuk resistor dengan toleransi 1%.

Dalam sistem ini, penandaan ada dari tiga digit: 2 angka untuk menunjukkan nilai resistor dan 1 huruf untuk pengganda. Dua angka pertama mewakili kode yang menunjukkan nilai resistansi dengan tiga digit signifikan. Pada tabel di bawah ini, nilai untuk setiap kode diberikan, yang pada dasarnya adalah nilai dari seri E96. Misalnya, kode 04 berarti 107 ohm, dan 60 berarti 412 ohm. Faktor pengganda memberikan nilai akhir dari resistor, misalnya:

  • 01A = 100 Ω ± 1%
  • 38C = 24300 Ω ± 1%
  • 92Z = 0,887 Ω ± 1%

Penggunaan huruf mencegah kebingungan dengan sistem penandaan lainnya. Namun, perhatikan karena huruf R digunakan di kedua sistem. Untuk resistor dengan toleransi selain 1%, ada tabel huruf yang berbeda.

Seperti kode paket, kode nilai resistansi ini umum, tetapi pabrikan dapat menggunakan variasi pada ini atau bahkan sesuatu yang sama sekali berbeda. Oleh karena itu selalu penting untuk memverifikasi sistem penandaan produsen.

tabel kode resistor SMD eia

cara membaca resistor smd

Penghitung Otomatis Kode Resistor SMD

Ketik kode resistor smd di body komponen di bawah ini kemudian klik hitung

Resistor SMD

##

udintegal.blogspot.com

Updated: July 14, 2018 — 5:39 am
BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme