Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Pemasangan banyak Speaker yang Ideal pada Amplifier

Mungkin kamu pernah melihat pemasangan loudspeaker yang asal sambung sehingga umur amplifier atau speakernya tidak panjang akibat kepanasan. Nah artikel kali ini akan menjelaskan cara menghitung ohm speaker, cara mengukur impedansi speaker, cara menyambung 3 speaker atau lebih, cara menghitung impedansi power amplifier dan praktiknya nanti cara menghubungkan speaker ke amplifier.

Bagaimana sebenarnya cara pemasangan speaker yang benar ??

Di dunia elektronika terutama mengenai sound sistem seperti speaker maka dibutuhkan spesifikasi yang detail sehingga kualitasnya optimal. Pemilihan kualitas kabel speaker, panjang kabel speaker, hingga polaritas speaker perlu diperhatikan sekian rupa. Untuk membatasi artikel ini kita nanti lebih fokus bagaimana cara menyambung speaker lebih dari satu agar output daya optimal.

Baca juga perbedaan antara speaker woofer dan subwoofer

Prinsip perhitungan impedansi speaker itu sama dengan tahanan. Misalnya dua buah speaker jika dihubung secara seri maka hambatannya akan berbeda dengan ketika dihubung secara paralel. Impedansi total bisa lebih kecil atau lebih besar pastinya sesuai dengan hukum ohm.

Bagaimana cara menyambung banyak loudspeaker misalnya 4 buah agar bisa di sambung kesebuah amplifier dengan daya output optimal ?  Pertanyaan ini pernah keluar dalam soal Ujian Teori Kompetensi Kejuruan Teknik Audio video pada tahun 2009/2010 kalau tidak salah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut ikuti terus artikel ini sampai habis.

Pada intinya agar output daya maksimal kita hanya butuh speaker yang memiliki impedansi yang seusai dengan impednasi power amplifier kita miliki. Biasanya output sebuah power amplifier tertulis seperti : Output 100watt ~ 8Ω, ini maksudnya amplifier tersebut hanya sanggup mendorong daya hingga 100wat dengan speaker yang digunakan 8Ω. Biasanya angka 8Ω adalah angka beban operasional yang aman yang disarankan untuk amplifier tersebut.

Permasalahannya bagaimana jika kita menggunakan speaker lebih dari satu untuk sebuah power amplifier ? maka ada rumus penghitungannya supaya impedansi total dari jumlah speaker yang dipakai sama dengan yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat ampifiernya.

Contoh Kasus Penggunaan Rumus Perhitungan 4 Unit Speaker Kombinasi Seri dan Pararel

Misalnya saya memiliki 4 unit speaker yang masing-masing tertulis impedansi 8Ω dan power maximal 100 watt. Pertanyaannya saya akan merangkainya untuk didorong 1 channel amplifier. Berikut ini ada 5 kemungkinan speaker tersebut bisa dihubungkan. Lihat kemungkinan sambungan ke 4 speaker tersebut.

  • 4 buah speaker di paralel sekaligus

4 speaker diparalel

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 unit speaker 8Ω secara paralel seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 2Ω. Hal ini akan berisiko, karena Transistor Final akan sangat panas meskipun daya total keluaran akan menjadi lebih besar. Jadi cara menyambungkan speaker dengan cara seperti tidak optimal. Metode kombinasi ini bisa kamu pakai asalkan mampu menghitung kekuatan driver power yang sesuai untuk speaker 2Ω, namun speaker 2Ω umumnya digunakan untuk power class D.

Cara menghitung Impedansi ohm speaker :

1/Ztotal = 1/Z1 + 1/Z2 + 1/Z3 + 1/Z4

1/Ztotal = 1/8 + 1/8 + 1/8 + 1/8 = 4/8

Ztotal = 8/4 = 2Ω

  • 4 buah spekaer di kombinasi 2 seri-paralel

speaker kombinasi seri-paralel

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 unit speaker 8Ω secara kombinasi seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 8Ω. Ini cukup ideal dan optimal untuk power ampli pada umumnya dimana yang berada antara 4-8Ω. Bagaimana cara menghitungnya?

Zseri1 = Z1 + Z2 = 8 + 8 = 16Ω

Zseri2= Z3 + Z4 = 8 + 8 = 16Ω

1/Ztotal = 1/Zseri1 + 1/Zseri2

1/Ztotal = 1/16 + 1/16 = 2/16

Ztotal = 16/2 = 8Ω

  • 4 buah speaker di hubung seri

speaker 4 seri

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 unit speaker 8Ω secara seri seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 32Ω. Ini sangat berbahaya untuk power amplifier bisa jebol. Bagaimana cara menghitungnya?

Ztotal = Z1 + Z2 + Z3 + Z4

Ztotal = 8 + 8 + 8 + 8  = 32Ω

  • 4 buah speaker dihubung kombinasi seri-paralel-paralel

speaker seri-paralel-paralel

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 unit speaker 8Ω secara kombinasi diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 32Ω. Impedansi total sama seperti rangkaian yang dihubung seri. Jadi tidak bagus untuk dipraktikkan. Bagaimana cara menghitungnya?

Zseri = Z1 + Z2

Zseri = 8 + 8 = 16Ω

Ztotal = Z3 + Zseri + Z4

Ztotal = 8 + 16 + 8 = 32Ω

  • 4 buah speaker dihubung kombinasi seri-paralel-seri

speaker seri-paralel-seri

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 unit speaker 8Ω secara kombinasi seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 13.3Ω. Ini juga tidak ideal untuk power amplifier yang berada antara 4-8Ω. Bagaimana cara menghitungnya?

Zseri = Z1 + Z2

Zseri = 8 + 8 = 16Ω

1/Zparalel = 1/Z4 + 1/Zseri

1/Zparalel = 1/8 + 1/16 = 2/16 + 1/16 = 3/16

Zparalel = 16/3 = 5.3Ω

Ztotal = Z3 + Zparalel

Ztotal = 8 + 5.3 = 13.3Ω

Dari ke 5 kemungkinan cara menghubungkan 4 buah speaker diatas maka impedansi mendekati atau sama dengan 8Ω yang bagus dan optimal untuk menghasilkan sinyal output yang bagus.

CATATAN : Bahwa untuk bisa menemukan impedansi yang diharapkan, kita bisa mencoba beberapa kombinasi speaker seperti rangkaian diatas – yang akhirnya kita menemukan cara merangkai speaker lebih dari 2 atau lebih yang tepat. Karena 4 unit speaker tersebut diketahui memiliki kekuatan power-max 100watt, jadi kalau ada 4 unit speaker maka ada berapa watt? kita hanya tinggal mengalikan saja dengan jumlahnya.  4 X 100 = 400watt. Jadi secara keseluruhan untuk mendorong ke 4 speaker tersebut kita membutuhkan sebuah power amplifier yang berdaya output max 400watt.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme