Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Kumpulan Buku Pegangan Guru Teknik Audio Video 2018

15 buku modul buku Guru untuk mengajarkan audio video yang dikeluarkan oleh P4TK Malang. Modul materi audio video kali ini tidak mengklasifikasikan kelas 10, 11 atau 12. Misalnya visual klaster. Untuk semua Modul teknik audio video ini dalam bentuk dokumen pdf. Kesemua buku modul ini sudah lengkap dengan standar yang dapat digunakan untuk kemampuan yang akan diuji.

Download Gratis Modul Teknik Audio Video Terbaru 2018

Teknik  audio modul video  yang pernah saya publikasikan pada artikel berbeda dengan modul kali ini karena kali berdasarkan klaster pengetahuan. Mungkin dengan isi kurikulum yang disempurnakan setiap tahun buku pegangan bagi guru beragam. Ada materi yang di keluarkan dan ditambah selama saya selama mengampu teknik audio video ini.

Buku ini dapat Anda gunakan dengan pelatihan di Google Play. Nah ada yang mau belajar mandiri dengan materi yag. Materi itu adalah buku modul yang saya sajikan kali ini yang gratis untuk diunduh untuk guru yang lain di tanah air.

Modul teknik audio video 2018

Membaca Gambar / Skematik Diagram Elektronika , Modul yang membahas tentang komponen, simbol elektronika , amplifier rangkaian rangkaian, diagram blok radio FM / AM dan fungsinya. Membahas pembacaan rangkaian dengan produk yang sudah jadi seperti KIT elektronika.

Merancang dan Membuat PCB Single / Double Layer (Papan Sirkuit Cetak) secara Manual dengan Metode Karya Seni Transfer Besi , Modul ini membahas tentang pembuatan PCB dan desain desain dan tata letak komponen di desain dengan menggunakan layout sprint. Proses etsa sesuai dengan SOP.

Menyolder komponen pada PCB secara manual . DITINJAU, Solder bit, Solder Daya, Solder Temperatur, Solder kawat disesuai dengan kondisi penyolderan. Konsep tentang penyolderan komponen elektronika dilakukan dengan menjaga kesehatan dan meyakinkan kerja. Konsep tentang pemilihan dan pembersihan Solder Bit. Server tentang penyolderan komponen elektronik pada PCB secara manual. Pemilihan, pemasangan dan penyolderan jumper, terminal, konektor, pin pada penyolderan komponen elektronik pada PCB secara manual. Server tentang penyolderan / penyambungan terminal pada rangkaian elektronika.

Menggunakan Besaran Unit , Buku modul ini berisi tentang penggambaran memperkuat, Penguatan penguat bertingkat. Peredaman Beli FG. Alat ukur listrik, Arah gerak kawat berarus dalam medan magnet, Alat ukur kumparan putar, Aplikasi kumparan putar pada multimeter, Hubungan Voltmeter (a) dan Ampermeter (b) dalam rangkaian. Penentuan tegangan dan pembacaan hasil pengukuran pada Volt meter hanya sepatu. Pembacaan hasil pengukuran pada Multimeter. Pembacaan hasil pengukuran tegangan DC pada Multimeter . Pembacaan hasil penembusan AC pada Multimeter. Pembacaan hasil pengukuran arus DC pada Multimeter.

Dengan menggunakan Alat Uji dan Ukur , membahas tentang menggunakan MULTIMETER Pengkalibrasian Multimeter, Pengaturan rentang Multimeter, Aspek-aspek pada Multimeter. MENGGUNAKAN ALAT UKUR OSCILLOSCOPE Seperti Pengetahuan Yang Diperlukan Dalam Menggunakan Alat Ukur Oscilloscope, Penggunaan Oscilloscope (Cathode-Ray Oscilloscope / CRO), Pengkalibrasian Oscilloscope, Prosedur Penggunaan Oscilloscope, Penggunaan Oscilloscope Sesuai Dengan Fungsi dan Aspek-Aspek Pada Oscilloscope.

Mengembangkan Solusi Rekayasa Untuk Masalah Elektronika Analog, modul ini membahas seputar elektronika seperti hukum ohm, kirchoof, dasar dan fisika dasar Rangkaian Emitor bersama dengan bias tetap (fix biased). Rangkaian bias umpan balik arus kolektor, Stabilisasi titik kerja dengan pembagi tegangan R1 dan R2, Rangkaian bias pembagi tegangan dengan umpan balik arus emitor, Rangkaian Pengganti Thevenin, Umpan balik arus negatif, Prinsip Stabilisasi dengan Tahanan RE, Diagram alur stabilisasi umpan balik arus IE, Titik Kerja dan Garis beban, Sinyal keluaran dan garis beban, Titik Kerja dan Garis Beban, Rangkaian pengganti emitor bersama, Tanggapan frekuensi lolos atas, Jaringan RC seri paralel, Jaringan penyaring lolos bawah RC.

Mengassembly Komponen Elektronika pada PCB Secara Manual, Materi tentang memahami dan pemasangan komponen elektronika secara umum seperti Identifikasi jenis macam komponen Resistor, mengecek kapasitor, Diode, Elko, Transistor dengan pola sistematika komponen dikelompokkan berdasar jenis dan spesifikasi teknik. Simbol-simbol komponen elektronika dipahami untuk, mengasembly secara benar. Masalah-masalah kerusakan komponen/ part karena elektrostatis maupun masalah handling part diantisipasi.

Memperbaiki Perangkat Audio Video, tentang komponen elektronik, sirkuit dan sistem dan bagaimana memecahkan masalah yang melibatkan kesalahan sederhana dan kompleks terhadap standar profesional.

Memelihara Kebersihan Tempat Kerja, Buku membahas tentang memilah barang/ peralatan kerja/ instrumen yang ada ditempat kerja dengan baik dan benar. Menata barang/ peralatan kerja/ instrumen yang ada ditempat kerja dengan baik dan benar.

Membaca dan Mengidentifikasi Komponen Elektronika (pasif), Buku ini berisi tentang dasar-dasar elektronika, membaca dan mengidentifikasi nilai dari kode komponen dasar RLC secara kasat mata sesuai spesifikasi komponen. Mengidentifikasi komponen pasif RLC dengan alat bantu. Dapat menggambarkan simbol komponen. Standar Simbol komponen aktif.

Membaca dan Mengidentifikasi Komponen Elektronika (aktif), Membahas tentang Diode detector dapat dijelaskan fungsinya pada pendeteksi sinyal modulasi. Diode varaktor dapat dijelaskan fungsinya untuk pengubah tegangan menjadi kapasitansi. Transistor UJT dapat dibaca dan diidentifikasi tipenya serta dijelaskan operasinya. Perbedaan masing-masing komponen UJT, MOS, CMOS dan FET dapat dijelaskan pemakaiannya. Thyristor dapat dibaca dan diidentifikasi kegunaannya dengan semikonduktor lainnya. Komponen DIAC, TRIAC dan SCR dapat diidentifikasi dan dijelaskan operasinya. Komponen optic dibaca dan diidentifikasi kegunaannya sebagai LED, LCD. Komponen optic untuk solar sel dapat dijelaskan aktivasinya dengan benar. Komponen optic untuk photoresistor, photodiode, phototransistor dapat dijelaskan pemakaiannya masing-masing dan dapat digambarkan skemanya.

Melakukan Pengukuran Standard Elektrik Produk Audio Amplifier, membahas tentang fungsi alat ukur seperti multitester, osiloskop, dummy load dan lainnya. Konsep pengukuran dengan avometer dan osiloskop dihubungkan ke alat yang akan diukur. Langkah-langkah melakukan pengukuran sesuai dengan SOP.

Melacak Kerusakan pada Produk Elektronika, Buku ini membahas tentang langkah yang dilakukan untuk melakukan trouble shooting pada sebuah kerusakan elektronika sampai melakukan perbaikan komponen yang rusak.

Modul Instalasi Komponen Sistem Audio / Video Mesin, Instalasi Komponen dan Sistem Audio / Video yang membahas tentang penguat, mikrophone, jumlah desiBel dari osiloskop , pengkabelan banyak speaker, prinsip kerja speaker , crossover, tentang lensa bunyi, prinsip audio stereo, mono, surround dan masih banyak lagi.

Dokumentasi Hasil Kerja , Modul ini berisikan berbagai macam bentuk Buku, Buku Kerja dan Buku Kajian sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam pengguna sebagai bagian dari media pembelajaran bagi para peserta pelatihan dan instruktur.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme