Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Apakah Higher order thinking skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013

Higher order thinking skills HOTS dalam K 13

Dalam pembelajaran K13 seorang siswa diharapkan memiliki kemampuan pengetahuan yang baik dan juga dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Apa itu HOTS?. Menurut Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan istilah HOTS dalam artikel yang berjudul How to Increase Higher Order Thinking (2009) sebagai cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal, atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain.

Keterampilan berpikir ini awalnya ditentukan berdasarkan Taksonomi Bloom yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi.

baca juga :

Yuk Download Gratis Spektrum Kurikulum 2013 edisi Awal sampai REVISI terbaru

Selama ini guru – guru kita mengajar hanya mengejar aspek pengetahuannya saja sehingga anak cenderung mengejar hasil nilai-nilai ulangan dan hasil raport, dan orang tua bila nilai – nilai pengetahuan yang didapat anaknya rendah sering mendikte anaknya malas belajar atau kurang pintar. baca : Bimtek kurikulum 2013

Assesmen Kinerja k13

Di dalam penilaian K13 rapor anak tidak dilihat dalam aspek pengetahuan saja namun dibarengi dengan penilaian keterampilan dan penilaian sikap. mungkin saja anak memiliki nilai pengetahuan yang tinggi tetapi sikap dan keterampilannya rendah atau di mata pelajaran tertentu anak memiliki sikap dan keterampilan yang tinggi namun pengetahuannya rendah. Minimal dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Secara sederhana mantan rektor saya yang jurusan matematika pernah menjelaskan pada ceramahnya tentang hasil perkalian 4×6 dan 6×4. beliau menanyakan bahwa mana yang lebih tinggi nilainya dari kedua perkalian tersebut. Rata-rata kami semuanya menjawab sama 24. beliau mejawab dimata orang padang yang memiliki sense berdagang yang tinggi 6×4 nilainya lebih tinggi karena bila lebar 6 meter dan panjang 4 meter di sebuah tempat di pinggir jalan dekat tikungan akan berniali lebih mahal dan tinggi dibanding 4×6, karena akan lebih luas pedagang tersebut menjajakan barang-barangnya, dan lebih luas tempat duduk bagi pelanggannya.

Higher order thinking skills HOTS dalam K 13

Dalam pembelajaran Kurikulum 2013 yang meleburkan HOTS dalam tiap mata pelajarannya, seorang guru harus menolerir jawaban – jawaban yang nyeleneh dari siswa, kadang siswa karena semangatnya spontan menjawab, ini misalnya “Pak, Kalau Bus Mercedes Benz di kenderai oleh Bima dan Dua Putri tokoh pewayangan naik Becak kaisar bagaimana pak”. lantas guru seni budaya Jawa jangan langsung marah dan menyetrap anak tersebut. Hal ini mungkin muncul dalam imaji anak tersebut yang milenial.

Perkembangan jaman tak bisa dipungkiri, dibendung dan dicegah, sebagai pendidik kita hanya dapat membekali anak didik kita nilai-nilai dan norma – norma kehidupan yang mesti mereka pegang agar tidak hanyut, Kalau pun arus deras itu harus mereka hadapi, anak didik kita berada di jembatan yang lurus bagi suksesnya cita – cita mereka.

Zaman telah berubah revolusi industri semakin nyata di depan mata, untuk membeli popok anak merek merries dan sabun cuci saset merek easy yang katanya mencuci secepat kilat serta kebutuhan rumah tanggga lainnya yang terlupa ketika belanja di toko seorang ibu rumah tangga tidak harus kembali ke toko, beliau cukup memesan lewat aplikasi di smartphonenya dan menunggu beberapa menit maka pesanan yang dibelikanya akan sampai di rumah.

Apakah bangsa kita mampu menghadapi Revolusi industri tahap 4, jawabnya ada pada guru-guru kita, apakah mereka mampu menerapkan pembelajaran K13 dengan suplemennya PPK, Literasi dan HOTS di setiap mata pelajarannya. bila mereka tidak mampu berarti nyanyian guru-guru kita masih sama “Aku Masih Seperti yang Dulu… menunggumu sampai…..”

Lebih dan kurang saya minta maaf. Salam Literasi..  02/11/2018
Ali rahman Kaban.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme