Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Bagaimana Cara Menguji Loudspeaker dengan Menggunakan Multimeter Digital !?

Cara mengecek speaker baik atau rusak dengan menggunakan multitester digital

Artikel ini akan menjawab pertanyaan pada judul diatas. Pada pengukuran sebuah speaker atau cara cek speaker dengan avo digital yang kita ukur sebenarnya adalah tahanan yang ada pada speaker tersebut jadi kita harus mengetahui cara mengukur ohm speaker. Biasanya speaker akan memiliki spesifikasi 6 Ω, 8 Ω besar impedansinya. Untuk mengetahui cara menghitung ohm speaker secara rangkaian maka bisa dilakukan dengan perhitungan seperti menghitung rangkaian resistor baca kembali artikel sebelumnya.

Jika kita menge – cek subwoofer speaker baik atau tidak dengan menggunakan multimeter digital bukan mendengar suara KREK KREK tetapi kita harus melihat apakah tahanan impedansi speaker tersebut ada atau tidak.

Jika kita mengecek speaker dengan multimeter analog maka selain kita melihat simpangan jarum penunjuk juga kita akan mendengar suara KREK KREK sebagai tanda speakaer dalam keadaan baik. Sedangkan saat pengukuran speaker dengan multitester digital maka yang harus diperhatikan adalah tampilan angka digital pada layar multimeter digital tersebut.

mengukur tahanan speaker

posisi penunjuk pada Ω meter

cara mengukur speaker baik atau rusak

cara mengukur speaker baik atau rusak dengan avo digital

Langkah-langkah cara cek speaker dengan multitester digital berikut ini:

  1. Posisikan saklar penunjuk pada posisi Ohm meter seperti pada gambar di atas
  2. Lakukan pemilihan range pada pada satuan Ω bukan kΩ apalagi MΩ
  3. Kabel Merah (+) dan Hitam (-) di hubungkan ke terminal speaker sesuai dengan kutub positif dan negatif.
  4. Saat menghubungkan terbalik antara kutub positif dan negatif tidak ada masalah jika hanya untuk melakukan pengecekan saja.
  5. Kemudian baca angka yang ditampilkan oleh mutimeter digital
  6. Hasil angka yang ditampilkan multi digital harus sesuai atau mendekati dengan spesifikasi speaker tersebut. Misalnya impedansi spekaer tertulis 6Ω maka jika terbaca di multimeter digital 5.5 Ω atau 5.6 Ω maka bisa kita asumsikan bahwa speaker tersebut masih dalam kondisi bagus.
  7. Jika angka hasil pengukuran tidak sesuai dengan spesifikasi speaker misalnya nol atau melebihi jauh angka impedansi yang tertera maka speaker tersebut di katakan dalam kondisi tidak bagus alias sudah rusak.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari video cara mengecek kondisi speaker dengan menggunakan multitester digital berikut ini :

Demikian cara mengetes speaker dengan menggunakan multimeter digital. Semoga bermanfaat. Nantikan artikel selanjutnya tentang cara mengukur watt speaker dengan multitester dan cara mengukur tegangan speaker.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme