Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara Pasang Modul MP3 Bluetooth ke Speaker Aktif

Bagi siswa SMK Negeri 2 Tanjungbalai Untuk praktik merakit speaker aktif biasanya dilengkapi dengan modul MP3. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman bagaimana cara memasang modul MP3 dengan amplifier ataupun speaker aktif. Cara ini sebenarnya untuk pemasangan pada speaker aktif yang dirakit sendiri atau mau menambah di Amplifier buatan sendiri.

Dengan harga yang relatif murah dan kualitas yang cukup baik kit module MP3 ini mudah dan pasti bisa dipraktikkan asalkan teliti dan telaten. Hal yang perlu dilakukan adalah menyambungkan output modul MP3 ke bagian input amplifier penguat. Berikut pengkabelan / jalur pemasangannya :

Lalu pasang kabel sudah sesuai dengan jalur modul mp3 ouput ke input amplifer maka lakukan penyolderan dengan teliti mengingat bahwa kit mp3 ini sangat mini alias kecil.

baca juga : Cara membuat Speaker Biasa menjadi Speaker Bluetooth Sederhana

Menambah USB MP3 Player pada speaker aktif sangat mudah bisa dilakukan seperti pada gambar diatas atau untuk lebih mudahnya bagaimana cara memasang modul MP3 pada speaker aktif. Watch Video berikut ini : 

Power Amplifer yang digunakan tidak terpaku harus menggunakan jenis penguat tertentu. Pemasangan  dan  menyambung kabel usb ke speaker aktif bisa dengan berbagai amplifier baik daya kecil maupun berdaya besar cara instalasi kabelnya sama.

Speaker aktif atau pun power amplier rakitan bisa dipasangi mp3 play agar lebih lengkap seperti bisa speakeraktif pabrikan. 

Catatan penting cara menyambungkan usb ke speaker aktif :
Bila modul yang digunakan dilengkapi dengan bluetooth seperti gambar diatas, jika menggunakan pengkabelan seperti diatas pasti akan mengalami noise yang tidak mengenakkan. Hal ini dikarenakan gelombang frekuensi yang dikeluarkan dari bluetooth itu sendiri mengganggu / masuk ke rangkaian (hal yang serupa terjadi ketika ada panggilan masuk ke HP dan HP tersebut berada didekat ampli kemudian muncul suara-suara noise).

Untuk mengatasi hal itu yang sering saya lakukan adalah membuat power supply untuk modul mp3 tersendiri dan amplifier tersendiri juga sehingga terdapat 2 power. Contoh sederhana amplifier mendapat tenaga dari travo dan modul MP3 mendapat tenaga dari charger HP. Memang agak ribet tapi sering berhasil walaupun masih ada cara lain untuk memisahkan tegangannya.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme