Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Mengenal Op AMP Integrator

Guru Elektronik – Berbicara tentang Op Amp Integrator maka akan berhubung dengan rumus op amp dan amplifier sebagai penguat. Dasar integrator Op AMP adalah rangkaian penguat operasional yang melakukan operasi matematika Integrasi. Dengan mengganti resistansi umpan balik ini dengan kapasitor, kita sekarang memiliki Jaringan RC yang terhubung melintasi jalur umpan balik penguat operasional yang menghasilkan jenis lain dari rangkaian penguat operasional yang biasa disebut rangkaian Op-amp Integrator seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Integrator Op-amp menghasilkan tegangan output yang sebanding dengan amplitudo dan durasi sinyal input. Penguat operasional dapat digunakan sebagai bagian dari penguat umpan balik positif atau negatif atau sebagai rangkaian jenis Penambah atau Pengurang menggunakan hanya resistansi murni di kedua input dan loop umpan balik.

baca juga : skema lampu disco

Tetapi bagaimana jika kita mengubah elemen umpan balik murni resistif (Rƒ) dari penguat inverting ke yang dari reaktansi tergantung frekuensi, (X) elemen kompleks jenis, seperti Kapasitor, C. Apa yang akan menjadi efek pada tegangan output op-amp pada rentang frekuensinya.

Konfigurasi untai op-amp integrator adalah sama dengan konfigurasi untai penguat inverting. Perbedaannya terletak pada komponen pembalik/feedback­-nya. Pada penguat inverting, komponen pembaliknya berupa resistor (RF) sedangkan pada integrator, komponen pembaliknya berupa kapasitor (C). Kapasitor disini merupakan komponen penghambat/isolasi berbasis frekuensi (Frequency Dependent Impedance) yang disimbolkan dengan huruf Z.

Sehingga dapat dikatakan bahwa hambatan resistor RF tergantikan dengan oleh hambatan berbasis frekuensi dalam kapasitor dengan simbol Z (satuannya adalah Ohm, Ω). Hambatan seperti ini sering dinamakan dengan ‘Impedansi’. Konfigurasi untai penguat integrator ditunjukkan seperti pada gambar 1, sedangkan persamaan untuk memperoleh nilai impedansi kapasitor (Zc) adalah mengikuti persamaan (1).

persamaan (1) 

Selama tegangan input pada terminal inverting (pada untai penguat integrator) bernilai nol, arus input Iin akan mengalir melalui resistor input (Rin) yang dirumuskan dengan persamaan:

persamaan (2) 
Kemudian arus yang mengalir melalui kapasitor (C) feedback dirumuskan dengan persamaan:
persamaan (3) 

Diasumsikan bahwa impedansi masukan op-amp adalah tak berhingga (pada op-amp ideal), maka tidak ada arus yang mengalir menuju terminal op-amp. Oleh sebab itu, persamaan pada terminal input inverting adalah sebagai berikut.

persamaan (4) 

Kemudian persamaan tegangan output Vout untuk penguat integrator adalah menurut persamaan berikut ini.

persamaan (5) 
Atau dapat juga dituliskan kembali dengan :
persamaan (6) 
Dimana :
persamaan (7) 
persamaan (8) 

Tanda minus (-) pada persamaan Vout menunjukkan adanya pergeseran sudut phase sebesar 180 derajat, ini terjadi karena sinyal input terhubung langsung dengan terminal input inverting op-amp.

Persamaan (6) dapat dimodifikasi sehingga memperoleh persamaan penguatan (gain) op-amp konfigurasi penguat integrator, yaitu:
persamaan (9) 

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme