Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Sifat Penguat Daya Kelas A dan Cara Menentukan Nilai Komponen

Penguat Transistor – Contoh dari penguat kelas A adalah rangkaian dasar penguat transistor common emitor (CE). Titik kerja transistor (Q) berada tepat ditengah kurva garis beban VCE – IC dari rangkaian penguat tersebut. Contoh rangkaian dasar penguat transistor tipe kelas A dapat dilihat pada gambar berikut :

penguat kelas A

Ciri khas dari penguat kelas A adalah, seluruh sinyal output bekerja pada daerah aktif. Penguat tipe class A disebut sebagai penguat yang memiliki tingkat fidelitas yang tinggi (hifi). Selama sinyal masih bekerja di daerah aktif, bentuk sinyal keluarannya akan sama persis dengan sinyal input.

Penguat kelas A cocok untuk menguatkan frekuensi kecil, karena tidak membutuhkan daya yang besar, karena itu penguat kelas A sering dipasang pada bagian awal untuk menguatkan frekuensi kecil yang kemudian dikuatkan lagi oleh penguat yang lain baik kelas B maupun kelas C. Power Amplifier yang digunakan berupa penguat kelas A karena bersifat linier, yang mana output dan inputnya sama berupa 1 gelombang penuh, serta sudut konduksinya 360 derajat karena dibias secara terus – menerus.

Namun penguat kelas A ini memiliki efisiensi yang rendah kira-kira hanya 25% – 50%. Kondisi ini karena titik Q yang ada pada titik A, sehingga dalam kondisi tidak ada sinyal input (atau ketika sinyal input = 0 Vac) transistor tetap bekerja pada daerah aktif dengan arus bias konstan. Transistor selalu aktif (ON) sehingga sebagian besar dari sumber catu daya terbuang menjadi panas. Pada transistor penguat kelas A perlu ditambah dengan pendingin ekstra seperti heatsink yang lebih besar.

  1. Digunakan untuk daya yang sedang < 10 watt
  2. Input dan outpun berbeda 180o

Cara Menentukan Nilai Komponen Penguat Kelas A

Untuk menentukan nilai suatu komponen pada penguat kelaskita harus menggunakan rumus yang ditentukan. Pertama  menentukan nilai Vcc, β, dan Ic tetapi untuk menentukan nilai tersebut kita bisa melihat di data sheet. Lalu yang kedua kitamenentuka nilai Ib, Ie, Id, Ve, Re, Rc, R2, R1, Av, dan RL. Untukmencarinya kita menggunakan rumus sebagai berikut :

rumus klas As

praktik menentukan komponen penguat klas A

untukmenentukan nilai komponen penunjang penguat kelas A kitaharus melihat data sheet transistor yang kita gunakan padapenguat kelas A. Dan kami mengambil data sheet transistor NPN2N2222 dan diperoleh data:
Ic = 10 mA
β = 75
 Hfe= 75
Vce= 10 V
Vcc= 9V
Vbe= 0,7 V
berdasarkan rumus penguat kelas A diperoleh nilai
persamaan menentukan klas A
Setelah di hitung maka diperoleh nilai komponen penunjangpenguat kelas A
Dimana R1 = 5.69 kΩ, R2 = 1.23kΩ, RC = 0.36 kΩ, Re= 0.09 kΩ

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme