Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Cara SAMBUNGAN Ideal SERI dan PARALEL 2 SPEAKER SUBWOOFER DOUBLE COIL

Setelah anda mengetahui urutan instalasi audio sound system kali ini kita akan membahas bagaimana sambungan seri dan paralel pada dua speaker dobel coil. Bagaimana cara melakukan penyambungan seri dan paralel pada dua speaker double coil. Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer, maka konfigurasi koneksi di bawah ini perlu anda perhatikan.

Sebenarnya sama saja penyambungan speaker satu coil dan dobel coil. Yang membedakan pada speaker dobel coil, kita akan mendapatkan beberapa impedansi ohm yang berbeda di dalam penyambungannya nanti. Berbeda dengan speaker satu coil yang hanya mendapat dua macam koneksi yaitu sambungan 4 ohm dan 16 ohm. Pada sambungan koneksi dua speaker dobel coil akan didapat tiga macam impedansi. Yaitu impedansi 2 ohm, 4 ohm, 8 ohm. Sebenarnya dapat juga bermain di impedansi 16 ohm, tapi tidak saya sertakan gambarnya, karena impedansi 16 ohm jarang dipakai. Berikut cara penyambungan dua speaker dobel coil dibawah ini yang dapat anda coba.

Sambungan dua speaker 2 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 2 ohm, maka sambung dulu secara paralel kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung seri untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

sambungan-2-speaker-2-ohm-jd-4-ohm

Sambungan dua speaker 8 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 8 ohm, maka sambung dulu secara seri kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung paralel untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Ini sama mendapatkan impedansi 4 ohm, perbedaan pada kedua gambar adalah dari sambungan masing-masing speaker, yang mana pada gambar pertama disambung paralel dulu kemudian diseri dan pada gambar kedua disambung seri dulu kemudian diparalel, untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm pada dua speaker 4 ohm, gunakan salah satu spul pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung paralel untuk mendapatkan impedansi 2 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm pada dua speaker 4 ohm, maka gunakan salah satu spul saja pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung seri untuk mendapatkan impedansi 8 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer dobel coil, maka anda sudah mengetahui cara penyambungan yang benar. Sehingga anda bisa mendapatkan impedansi speaker yang anda inginkan dari kedua speaker subwoofer tersebut. Untuk koneksi sambungan seri dan paralel pada satu speaker dobel coil anda bisa lihat disini. Semoga bermanfaat.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme