Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Urutan Instalasi Audio Sound System secara Aman dan Efisien

Urutan Instalasi AUDIO SOUND SYSTEM yang benar – Setelah kita bahas instalasi bioskop rumah sebuah perangkat sound system pasti ada beberapa perangkat yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya adalah Mixer, Equalizer, Crossover, Power Amp. Perangkat diatas adalah perangkat yang umumnya dipakai oleh sebuah rental sound system. Dan ada beberapa perangkat tambahan lainnya yang berfungsi untuk lebih bisa mengontrol sinyal audio yang masuk. Sistem instalasi sound system pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu 2 way dan 3 way.

Sistem 2 way adalah output pembuangan loudspeaker dibagi menjadi dua bagian yaitu low midle dan high midle. Ada juga yang menambahkan crossover 2 way. Ada juga yang mengatakan speaker 1 way yang tanpa crossover. Karena suara masih bercampur menjadi satu. Speaker yang bertugas sebagai low midle hanya akan mengeluarkan bass dan midle.dan Speaker high midle hanya akan mengeluarkan suara high dan midle. Pada sistem ini dibutuhkan speaker 18″ dan 15″ beserta tweaternya atau apeaker 15″ untuk low midle dan 12″ untuk high midle tanpa tweater. Berikut gambar instalasinya !!

sistem pemasangan 2 way

sistem pemasangan 2 way CROSOVER

Sistem 3 way adalah output dibagi menjadi 3 bagian yaitu Low, Midle, high. Pada sistem ini suara yang dihasilkan lebih akurat, karena setiap bagian mempunyai tugas sendiri-sendiri yang dipisah dan diproses menggunakan perangkat crossover aktif untuk memisah frekuensinya. Fungsi dari bagian 3 way adalah Low hanya akan mengeluarkan bass subwoofer yang ditugaskan pada speaker 18″. Midle hanya akan mengeluarkan suara midle yang ditugaskan pada speaker 15″. High mengeluarkan suara treble yang ditugaskan pada speaker 12″ bersama tweaternya. Berikut gambar instalasinya !!

sistem pemasangan 3 way

Pemasangan instalasi sound system pada gambar diatas yang 2 way diawali dengan mixer, kemudian masuk ke equalizer, kemudian masuk Power amplifier, kemudian diumpan ke speaker. Pada sistem 3 way diawali dengan mixer, kemudian masuk ke equalizer, kemudian masuk crossover untuk dipisah frekuensinya, kemudian masuk Power amplifier yang dipisah menjadi 3 bagian low, midle, high. Kemudian diumpan ke speaker yang mempunyai tugas masing masing low, midle, high.

Fungsi dari beberapa perangkat Audio Sound System

  1. Mixer berfungsi sebagai pengatur masukan pertama dari sumber suara. Mixer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena untuk mengatur karakter dari berbagai macam sumber suara. Diantaranya adalah vokal, gitar, keyboard, alat musik dan sumber suara lainnya. Misal dvd player, mp3 player atau perangkat handphone.
  2. Equalizer berfungsi sebagai pengatur keseluruhan sumber suara dari mixer. Agar bass lebih mantap, midle lebih terasa dan treble lebih cring. Dan juga berfungsi untuk mengkoreksi frekuensi audio yang tidak dibutuhkan atau mengganggu dengan cara meredamnya. Sehingga dengan equalizer suara yang dihasilkan akan lebih sempurna.
  3. Crossover berfungsi sebagai pemisah frekuensi seluruh sumber suara dari proses equalizer. untuk 2 way akan memisah frekuensi low midle dan high midle. Untuk 3 way akan memisah frekuensi low, midle, dan high. Sebelum diumpan ke PA.
  4. Power Amplifier (PA) berfungsi sebagai penggerak speaker. Untuk PA mempunyai watt masing-masing dan juga karakter sesuai dengan karakter frekuensi yang dihasilkan. PA low biasanya berdaya watt lebih besar, karena mendrive speaker 18″ dan nada bass. PA midle berdaya sedang untuk mendrive speaker 15″. PA high berdaya kecil, untuk mendrive speaker 12″ beserta tweaternya.
  5. Speaker berfungsi mengeluarkan sumber suara menurut karakter frekuensi masing-masing. Low menggunakan speaker 18″ subwoofer. Midle menggunakan speaker 15″. High menggunakan speaker 12″ dan tweater.

Dengan mengetahui urutan instalasi audio sound sytem yang benar, akan menghasilkan suara yang jelas dan sempurna enak didengar telinga. Untuk bagaimana cara merakit mixer sound system dan diagram koneksinya bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme