Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

Mimpi seorang Guru Nge-Blog

Percaya atau tidak semua berawal dari mimpi seorang Guru pelosok di Sumatera Utara yang hobby Nge-blog

Seperti bermimpi bisa membangun sebuah Website secara otodidak ? Pelosok Sumatera Utara menjadi guru blogger di Guraru Award 2012 ? Senangnya bisa terbang ke Jakarta di acara bergengsi guru ngeblog ?  Penghasilan tambahan secara online setiap bulan dari ngeblog ?
Tidak menyangka bisa membuat sebuah buku dari ngeblog ? Pelajaran Elektronik dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran online ? Mulailah semuanya dengan bermimpi, mudah-mudahan mimpi itu akan memberi inspirasi sehingga tetap semangat untuk tetap berbagi di media online khususnya blogger.

Mencari Guru Blogger inspiratif 2014Mencari Guru Blogger inspiratif 2014

Awal Keinginan Mengenal Blog

Awal mula keinginan saya untuk belajar membuat blog saat saya masih menjadi seorang guru honorer di sekolah SMK Muhammadiyah-10 Kisaran pada tahun 2004. Saat itu seorang rekan saya guru yang sudah menjadi PNS diberi pelatihan oleh pihak sekolahnya untuk membangun sebuah website. Keinginan saya untuk mengetahui seluk beluk website menerawang sehingga saya bermohon untuk bisa bergabung di pelatihan yang jumlah dan orangnya terbatas tersebut. Walau akhirnya saya tidak diperbolehkan ikut karena alasan pelatihan hanya dikhususkan bagi guru sekolah itu sendiri.

Setelah berselang enam tahun kemudian mimpi saya untuk mengenal  blog ini akhirnya kembali bergelora setelah melihat kembali sebuah blog seorang guru yang ditautkan di jejaring sosial facebook. Bermodalkan sebuah modem dan laptop pengembaraan saya di penjelajahan google.co.id untuk mengetahui seluk beluk blog tersebut dimulai.

Belajar otodidak dengan google sedikit demi sedikit ngeblog saya lakukan tanpa seorang guru sekalipun. Tidur sampai larut malam hanya sekedar untuk menyelesaikan desain dan template agar tampil lebih menarik itulah awal mula saya belajar ngeblog. Hias blog adalah kesibukan saya agar blog tampil menarik. Bermacam gadget di blogspot saya uji coba mulai dari gambar bergerak sampai tulisan digital berjalan. Setiap berhasil menghias blog maka saya akan menulis ulang di blog saya sebagai sebuah artikel untuk mengisi postingan di blog saya.

Seiring dengan berjalannya waktu, virus ngeblog itu semakin mengganas sampai akhirnya pada pertengahan tahun 2012 saya bertemu dengan sebuah website yang didedikasikan untuk para guru Indonesia yaitu guraru.org. Ngeblog yang awalnya hanya sebagai diary online seorang guru berubah menjadi sebuah gubug kecil yang saya manfaatkan untuk tempat berkumpulnya siswa-siswi saya untuk mendapatkan informasi seputar materi pelajaran yang saya ampu. Blog menjadi sarana berbagi dalam pembelajaran online.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik adalah sebuah gubug online yang saya dedikasikan untuk sarana interaksi saya dengan siswa saya khususnya. Dengan menuangkan berbagai materi pelajaran, soal online, video pembelajaran, hasil praktik siswa, dan berbagai pengalaman mengajar dikelas saya tulis di gubug reyot ini. Pengetahuan sepenuhnya dalam mengelola blog ini adalah otodidak murni alias cuma membaca melalui google. Mimpi membangun sebuah Website secara otodidak itu akhirnya terwujud.

Event Bergengsi bagi Guru Blogger di Guraru Award

Setelah mengetahui seluk beluk blogger pada pertengahan 2012 kegilaan saya semakin memuncak saat saya dikenalkan dengan sebuah situs yang diperuntukkan bagi guru agar melek IT. Saat itu mengadakan berbagai kegiatan secara online mulai lomba artikel pendidikan sampai pada akhir tahun menggelar event yang disebut Guraru Award. Saat kontes menulis dengan tema Pemanfaatan Teknologi untuk Ruang kelas yang Kreatif saya meraih juara ketiga dengan judul artikel pada saat itu Belajar makin asik dengan mobil edukasi.

Screenshoot artikel edukasi

Screenshoot artikel edukasi

Puncak kegiatan bergengsi yang diadakan oleh situs ini pada saat akhir tahun dengan mengadakan pemilihan guru yang aktif menggunakan jejaring sosial sebagai media pembelajaran. Alhamdulillah, blog ini mendapat penghargaan khusus pertama Guraru Award 2012. Dari perhelatan tahunan guru melek IT ini saya di kontrak selama satu tahun untuk aktif berbagi di situs tersebut.

Guraru Award 2012

Hadiah Guraru Award 2012

Yusrizal Panjaitan, Guraru Award 2012

Akhirnya berkat aktif nge-blog mimpi saya untuk menjadi guru blogger di Guraru Award 2012 itu terwujud juga.

Kopdar Guraru Award 2013

Bisa hadir diundang dalam acara guraru award 2013 bagi saya adalah sebuah kebahagian. Siapa sangka seorang guru pelosok yang jauh dari Jakarta bisa hadir saat itu. Sungguh sebuah moment yang tidak bisa dilupakan. Bermimpi sepertinya bisa bertemu dan berbagi dengan guru-guru yang kenalnya melalui dunia online. Terbang ke Jakarta awalnya melalui dunia blogging. Ngeblog memang memberikan sebuah kejutan bagi saya.

Kopdar pada saat itu saya di beri tugas sebagai salah satu juri pada saat itu untuk memilih siapa pemenang guraru award 2013 dari tiga kontestan. Dari guraru award 2010 pak Sawali, dari Guraru 2011 pak Wijaya Kusumah, dan dari Guraru 2012 saya sendiri.  Mimpi bisa terbang ke Jakarta dalam sebuah acara bergengsi guru ngeblog akhirnya terkabul juga.

Dengan nge-blog saya bisa berbagi sesama guru di Indonesia secara online dan bahkan ternyata bisa menghantar saya ke daerah-daerah untuk saling berbagi secara online. Akhirnya, mimpi bisa meluncur ke Jakarta untuk kopdar dalam sebuah acara bergengsi guru nge-blog tercapai juga.

Kopdar bersama Guru Melek IT di Jakarta

Menulis di Blog Dapat Duit ?

Salah satu motivasi lain saya bisa bertahan untuk ngeblog adalah bagaimana bisa menghasilkan uang melalui internet. Salah satu Manfaat ngeblog bagi guru adalah mendapat penghasilan online. Salah satunya adalah menulis artikel dengan mereview di blog. Secara online beberapa artikel saya yang saya beri adfly telah menghasilkan uang. Memang hasilnya kecil tetapi jika dikumpul sampai setahun lumayan hasilnya.

screenshoot transfer akun paypal dari adfly
screenshoot transfer akun paypal dari adfly

Baru kali ini saya menghasilkan uang dari blog dengan memanfaatkan link yang dipendekkan. Blog sederhana ini tetap menjadi penghasilan online recehan rupiah setiap harinya. Belum lagi dari beberapa situs yang membayar saya dengan melakukan review terhadap produk mereka juga merupakan berkah dari ngeblog ini awalnya.
Penghasilan online yang tak kalah populernya adalah dengan mengikuti kontes SEO. Pengetahuan secara otodidak tumbuh terus selama kamu memiliki mimpi dan keinginan yang kuat untuk menguasainya. Puluhan kontes SEO berhasil saya raih puncaknya ketika kontes SEO alfamart tahun kemaren artikel saya meraih kategori best content artikel alfaonline dengan hadiah uang tunai tujuh juta rupiah. Akhirnya mimpi mendapat penghasilan secara online setiap bulan dari internet mulai berkembang.

Cita-Cita Membuat Buku

Membuat buku pegangan untuk guru dan siswa adalah cita-cita saya sejak menjadi guru karena sulitnya buku panduan untuk kejuruan teknik audio video. Bermula dengan membuat sebuah modul pembelajaran, merakit dan mendesain gambar rangkaian elektronik yang telah saya upload di blogger saya akhirnya tanpa terasa artikel yang telah saya tulis melalui blog sederhana ini telah melimpah ruah. Artikel dari berbagai kategori mencapai 400-an pada akhir tahun 2013.

Muncullah buku perdana saya mengenai cara membuat blog, hias blog sampai mengisi konten pembelajaran dengan judul mengelola blog sebagai media pembelajaran online. Artikel yang telah saya posting selama menjadi guru ngeblog di situs www.bjgp-rizal.com saya edit dan saya ramu sendiri dan saya terbitkan secara self publishing.

Buku Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online
Buku Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online

Selain buku khusus untuk guru yang hobby ngeblog diatas artikel saya mengenai rangkaian elektronika yang telah saya praktikkan dengan siswa-siswi saya saya bundel menjadi sebuah buku juga dengan nama Kriya Elektronika. Buku pegangan untuk siswa saya yang masih belajar di SMK yang memiliki hobby merakit rangkaian elektronika. Sehingga dari seringnya kita menulis di blog semua tulisan-tulisan yang lalu suatu saat dapat diangkat menjadi sebuah buku. Menulislah dan buktikan keajaibannya kutipan dari ucapan Om Jay guru paling ngeblog ini.

Buku Kriya Elektronika
Buku Kriya Elektronika

Akhirnya, mimpi membuat sebuah buku dari aktifitas nge-blog terwujud dengan munculnya dua buku saya yaitu : Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online dan Kriya Elektronika.

Berbagi Inspirasi Melalui BJGP-Rizal

Blog BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik saya jadikan tempat media penyimpanan online saya sebagai guru. Selain bisa dijadikan sebagai media pembelajaran online yang bisa dilihat berkali-kali yang dapat di akses dimana saja oleh siswa. Dengan mengkombinasikan berbagai media pembelajaran blog saya jadikan sebagai salah satu rujukan bagi siswa untuk mendapatkan berbagai materi edukasi yang saya ampu. Baik berupa tutorial, video soal online saya sediakan sebagai bahan latihan siswa.

Memanfaatkan blog sebagai media pembelajarana

Memanfaatkan blog sebagai media pembelajarana

Ilustrasi sinyal audio
Salah satu Ilustrasi sinyal audio dalam blog www.bjgp-rizal.com

Kombinasi pembelajaran
Mengkombinasikan media pembelajaran

Menulis di blog secara aktif akan memberikan manfaat tersendiri bagi seorang guru selain bisa mengasah kemampuan tulis menulis, nge-blog juga bisa memberikan inspirasi kepada para pembaca untuk selalu berkreasi dalam pembelajaran.

Berbagi Pengetahuan dengan Workshop Gratis

Walaupun saya bukan guru yang mengajarkan mata pelajaran TIK dan basic kemampuan saya adalah teknik elektro saya memiliki keinginan untuk berbagi dengan guru lain. Untuk mensosialisasikan guru nge-blog ini saya dibantu dengan blogger Asahan untuk menyelenggarakan workshop gratis bagi guru-guru di kota Tanjungbalai dan sekitarnya. Walaupun dilaksanakan disebuah warnet, virus itu harus saya tularkan.

Banyak guru yang memiliki keinginan untuk membuat blog. Seperti halnya keinginan saya beberapa tahun. Jangan sampai semangat tersebut tidak tersalurkan akibat tidak adanya kegiatan guru nge-blog. Ada kenikmatan tersendiri ketika saya sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan go-blog bagi guru. Untuk menunggu pelatihan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran dari pusat tak kunjung datang. Oleh karena itu berbekal pengetahuan otodidak tersebut saya bertekad memberanikan diri untuk saling berbagi. Dengan diwadahi KSGN, Komunitas Sejuta Guru Ngeblog dan bekerja sama dengan Blogger Asahan workshop gratis saya gelar didaerah.

Pelatihan Nge-blog gratis Tanjungbalai
Pelatihan Guru Nge-blog gratis Tanjungbalai sesi 1

Pelatihan Nge-blog gratis Tanjungbalai sesi 2

Pelatihan Guru Nge-blog gratis Tanjungbalai sesi 2

Workshop guru Nge-blog di SMK Pulau Rakyat Asahan

Workshop guru Nge-blog di SMK Pulau Rakyat Asahan

Semoga artikel sederhana perjalanan mimpi seorang guru ngeblog ini bisa memberikan inspirasi bagi guru yang ingin eksis di dunia blogging. Semua berawal dari angan-angan dan mimpi. Mimpi seorang guru nge-blog dipelosok akhirnya dengan izin Allah SWT melalui blog mimpi itu menjadi kenyataan selangkah demi selangkah. Nah mulailah bermimpi dan teruslah belajar,. .. Go Blog, Go E-learning and than Go Online Earning.

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme