Pembelajaran Online Guru Elektronik

SMKN2 TgBalai | Rangkaian Elektronik | Bahan Ajar | Soal Online | Online Earning

8 Tips Ampuh Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Bagi yang ingin sekolah, kuliah, atau bekerja di Jerman, berarti mereka harus menguasai bahasanya. Walau di Jerman sendiri banyak yang mampu berbahasa Inggris, tapi skill bahasa Jerman pasti sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

tips ampuh belajar otodidak bahasa jerman

Terlebih kalau jurusan kuliah yang dipilih itu menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantarnya. Mau tidak mau kita harus mempelajari bahasa Jerman dari sekarang.

Mempelajari bahasa baru nantinya akan memberikan kita kesempatan bagi Kita entah itu bisa mengatar Kita untuk kuliah di Jerman, mengikuti program ausbildung hingga jalan-jalan ke Negara Jerman.

Lalu bagaimana caranya agar bisa segera berkomunikasi dalam bahasa Jerman? Kebanyakan orang pasti akan memilih untuk belajar di lembaga kursus bahasa. Cara ini sangat praktis. Karena semua kebutuhan belajar siswa sudah disediakan lembaga kursus.

Selain itu, lembaga kursus juga memiliki kurikulum dan cara pengajaran yang memudahkan pemula bisa berkomunikasi bahasa Jerman secepatnya. Tapi bagaimana kalau ada orang yang ingin belajar bahasa Jerman otodidak?

Walau sudah banyak bertebaran lembaga kursus bahasa Jerman, tapi kebanyakan berkantor di kota besar. Itupun jumlahnya tidak sebanyak kursus bahasa Inggris.

8 Tips Ampuh Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Nah bagi kalian yang tidak bisa ikut kursus atau sudah ikut kursus tapi ingin menambah jam belajar sendiri, kalian bisa mempraktekkan beberapa cara dan tips belajar bahasa Jerman otodidak berikut ini.

1. Disiplin waktu

Disiplin adalah modal sukses, termasuk dalam belajar bahasa Jerman mandiri. Kalian harus menyediakan waktu khusus untuk belajar, minimal satu atau dua jam sehari.

Tidak ada yang mengawasi selain diri sendiri. Sehingga kalau tidak ada acara lain yang amat sangat penting dan mendesak, kalian harus tetap menjalani pembelajaran mandiri ini.

2. Software

Kalau kalian bosan belajar lewat buku, kalian bisa memanfaatkan software yang bisa diinstall di smartphone maupun laptop. Dengan begitu, kalian bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Apalagi ada banyak pengembang yang menyediakan software pembelajaran bahasa Jerman gratis.

Bagi anak generasi milenial, mereka lebih suka belajar lewat software. Terlebih sudah ada software dalam bentuk game yang ditampilkan secara interaktif.

3. Listening

Bagi kita orang Indonesia, belajar bahasa Jerman terasa lebih menantang karena bahasa ini terasa asing. Beda dengan bahasa Inggris yang sudah diajarkan di bangku sekolah SD, pelajar Indonesia mungkin baru mempelajari bahasa Jerman saat SMA.

Nah familiar dengan kosakata Jerman dan cara pengucapannya, cara terbaik adalah dengan mendengar percakapan atau kosakata bahasa Jerman sesering mungkin. Walau awalnya tidak mengerti artinya, kebiasaan mendengar akan mempermudah menguasai bahasa Jerman.

baca juga :

Jangan Pusing, Ikuti 7 Tips Agar Lulus Tes IELTS

Dan mendengar percakapan bisa didapat dengan mudah. Kalian bisa melihat siaran televisi atau mendengar radio berbahasa Jerman yang bisa diakses secara online.

4. Membaca

Kalau sudah biasa mendengar kosakata Jerman, tips selanjutnya yang bisa kalian praktekkan adalah membaca buku-buku, artikel, atau komik berbahasa Jerman. Ini adalah cara yang sangat bermanfaat. Karena vocabulary kalian akan meningkat. Kebiasaan membaca juga membuat kalian lebih lancar dalam berbicara.

5. Speaking

Kalau kalian sudah melatih kemampuan mendengar dan membaca, selanjutnya kalian harus praktek mengucapkannya. Latihan berbicara tidak hanya membuat kalian lebih kuat dalam mengingat kosakata, tapi juga meningkatkan percaya diri saat harus berkomunikasi bahasa Jerman.

Untuk itu, kalian memerlukan partner percakapan. Kalian bisa memanfaatkan teman, saudara, atau siapa saja yang bisa berbahasa Jerman. Akan lebih baik lagi kalau kalian bisa menemukan komunitas belajar bahasa Jerman di kota kalian.

Atau bagi yang tinggal dekat tempat wisata, kalian bisa mencari turis Jerman dan mengajaknya berbicara. Tapi kalau ternyata kalian tinggal di kota kecil dan tidak menemukan partner, solusinya adalah dengan berbicara pada diri sendiri.

6. Komunitas Online

Cara berikutnya untuk meningkatkan skill bahasa Jerman adalah dengan bergabung dengan komunitas belajar online. Beberapa website seperti meetup.com, Italki.com, dan Couchsurfing. com menjadi ajang bagi pelajar bahasa Jerman dari seluruh dunia untuk belajar bersama.

7. Bergabung Grup Milis

Dengan bergabung ke grup milis berbahasa Jerman, kalian bisa ikut diskusi tentang berbagai topik. Pilih topik yang kalian senangi, sehingga memudahkan kalian untuk terlibat aktif. Kalian bisa memberikan tanggapan atau berbagi informasi menarik. Dan itu semua harus kalian tulis dalam bahasa Jerman.

Tidak ada salahnya kalau kalian berterus terang bahwa kalian masih belajar bahasa Jerman. Sehingga mereka akan memaafkan kalau ada kesalahan tata bahasa dalam postingan kalian.

8. Variasikan Cara Belajar

Belajar mandiri bisa menimbukan kejenuhan. Tapi karena kalian sudah bertekad kuat bisa berbahasa jerman, kalian harus lawan itu semua. Salah satu cara menghindari rasa jenuh adalah dengan menvariasikan cara belajar.

Ada kalanya kalian kalian membaca buku teori, tetapi kalian juga bisa berpindah ke latihan listening, game interaktif, atau menonton video. Semakin bervariasi, wawasan kalian semakin bertambah dan terhindar dari bosan.

Nah demikian tadi 8 tips dan cara belajar bahasa Jerman otodidak. Gimana, tidak terlalu sulit kan? Tunggu apalagi, kalian bisa memulainya sekarang juga. Selamat belajar ya!

BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik © 2016 Frontier Theme